teks bergerak

Welcome to Sara Setiawati's Blogger

Rabu, 21 Januari 2015

PELAKSANAAN PELATIHAN



A.           Rencana pelaksanaan pelatihan
Manajemen pelatihan harus merencanakan, mengalokasikan, dan menggunakan sumber-sumber yang ada sehingga ia dapat meramal kan dan mengetahui tahapan tahapan pelaksanaa dengan jelas dan rinci.
Sumber-sumber utama yang akan di kelola untuk pelatihan itu meliputi antara lain : fasilitas yang ada (termasuk gedung dan bangunan) sebagai tempat pelatihan, persedian bahan dan alata bantu yang di butuhkan, dan arus uang tunai yang dapat di manfaatkan.

B.            Administrasi program pelatihan
Pada organisasi organisasi yang besar, tugas tugas administrasi yang berhubungan dengan pelatihan ditangani bidang husus pelatihan atau departemen.tetpi untuk menjamin pelatihan dengan baik, sangat dipengaruhi oleh kerja petugas pelaksanaan di lapangan.
1.    Penyusunan jadwal
Untuk menetapkan jadwal yang tepat untuk masing masing topik yang akan memerlukan kerja sama dengan instruktur yang akan akan melaksanakan program itu.
2.    Pemberitahuan kepada instruktur/fasilitator
Keberhasilan program kepelatihan sangant di pengaruhi oleh kesiapan instruktur/fasilitator untuk menyajikan materi pelatihan. Ia harus mempersiapkan bahan tersebut sedemikian rupa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
3.    Pemberitahuan kepada peserta
Pemberitahuan kepada peserta harus di tangani dengan baik sebelum waktu pertemuan pertama. Pengumuman itu tidak hanya mengenai kapan dimulai dan berakhirnya pelatihan. Peserta harus di beri tahu dimana latihan akan di laksanakan, kapan waktu pelaksanaan nya, apa saja yang di persiap kan oleh para peserta, serta mengapa harus mengikuti pelatihan tersebut.
4.    Penggandaan materi pelatihan
Materi pelatihan harus sudah beradaditangan peserta latihan sebelum latihan dimulai.
5.    Pendekatan dan metode
Dengan melaksanakan pelatihan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan partisipatif andragogik (model pendidikan orang dewasa), yakni memanfaatkan pengalaman pengalaman peserta pelatihan sebagai sumber belajar umtuk terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan, dan penilaian pelatihan.
6.    Metode pelatihan yang digunakan dalam pelatihan. Antara lain:
a.    Ceramah
b.    Tanya jawab
c.    Curah pendapat
d.   Diskusi
e.    Demonstrasi
f.     Simulasi
g.    Praktek
h.    Penugasaan
7.    Penilaian/ evaluasi penilaian
Evaluasi pelatihan dilakukan oleh nara sumber/ fasilitator diakhir pemberian pelathan atau pratek. Penilaian/ evaluasi di padukan dan dipantau oleh penyelenggara. Evaluasi menyeluruh setelah peserta pelatihan mengikuti pelatihan. Aspek yang di evaluasi meliputi :
a.    Evaluasikognitif
b.   Evaluasi efektif
c.    Psikomotorik.

8.    Pertemuan pertama
Pada hari pertama pelatihan di meja sertipikat sudah tersedia segala sesuatu di butuhkan selama kegiatan pelatihan. Setiap peserta yang datang mengisi daftar hadir dan mendapat bahan bahan yang diperlukan selama pelatihan seperti jadual,bahan bahan pelatihan, makalah,dan lain-lain.

C.            Mekanisme pengendalian
1.             Pengendalian belajar
Berhasil tidaknya pelatihan sangat bergantung pada pelaksaan pelatihan di lapangan.
2.             Pengendalian biaya
Apabila program pelatiahn harus efektif biaya, maka biaya tahap pelaksanaannya harus di kendalikan. Perancang rogram harus memberian uraian anggaran perminggu, dan pelaksanaanpelatihan harus memeriksa catatan pengeluaran biaya yang sebenarnya dibandingkan dengan alokasi biaya yang dirancang sementara program tersebut berlangsung.

D.           Penanggung jawab pelaksanaan pelatihan
Rencana kegiatan program pelatihan dapat dirancang melalui bidang perencanaan, tetapi bukan berarti mereka pula yang harus melaksanakannya. Pelaksanaan pelatihan biasanya di tangani oleh struktur yang dibentuk melalui panitia pelaksanaan pelatihan yang dipilih dari orang orang yang sudah bisa mengelolah kegiatan pelatihan.




DAFTAR PUSTAKA

Sulia Ningsih.2013.Diktat Manajemen Sitem Kepelatihan Baturaja: UNBARA
 Kamil, Mustopa, Model Pendidikan dan Kepelatihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar