A.
Rencana
pelaksanaan pelatihan
Manajemen pelatihan harus merencanakan,
mengalokasikan, dan menggunakan sumber-sumber yang ada sehingga ia dapat
meramal kan dan mengetahui tahapan tahapan pelaksanaa dengan jelas dan rinci.
Sumber-sumber utama yang akan di kelola untuk
pelatihan itu meliputi antara lain : fasilitas yang ada (termasuk gedung dan
bangunan) sebagai tempat pelatihan, persedian bahan dan alata bantu yang di
butuhkan, dan arus uang tunai yang dapat di manfaatkan.
B.
Administrasi
program pelatihan
Pada organisasi
organisasi yang besar, tugas tugas administrasi yang berhubungan dengan
pelatihan ditangani bidang husus pelatihan atau departemen.tetpi untuk menjamin
pelatihan dengan baik, sangat dipengaruhi oleh kerja petugas pelaksanaan di
lapangan.
1.
Penyusunan
jadwal
Untuk menetapkan
jadwal yang tepat untuk masing masing topik yang
akan memerlukan kerja sama dengan instruktur yang akan akan melaksanakan
program itu.
2.
Pemberitahuan
kepada instruktur/fasilitator
Keberhasilan
program kepelatihan sangant di pengaruhi oleh kesiapan instruktur/fasilitator
untuk menyajikan materi pelatihan. Ia harus mempersiapkan bahan tersebut
sedemikian rupa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
3.
Pemberitahuan
kepada peserta
Pemberitahuan
kepada peserta harus di tangani dengan baik sebelum waktu pertemuan pertama.
Pengumuman itu tidak hanya mengenai kapan dimulai dan berakhirnya pelatihan.
Peserta harus di beri tahu dimana latihan akan di laksanakan, kapan waktu
pelaksanaan nya, apa saja yang di persiap kan oleh para peserta, serta mengapa
harus mengikuti pelatihan tersebut.
4.
Penggandaan
materi pelatihan
Materi pelatihan
harus sudah beradaditangan peserta latihan sebelum latihan dimulai.
5.
Pendekatan
dan metode
Dengan melaksanakan
pelatihan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan partisipatif andragogik
(model pendidikan orang dewasa), yakni memanfaatkan pengalaman pengalaman
peserta pelatihan sebagai sumber belajar umtuk terlibat dalam perencanaan dan
pelaksanaan, dan penilaian pelatihan.
6.
Metode
pelatihan yang digunakan dalam pelatihan. Antara lain:
a.
Ceramah
b.
Tanya
jawab
c.
Curah
pendapat
d.
Diskusi
e.
Demonstrasi
f.
Simulasi
g.
Praktek
h.
Penugasaan
7.
Penilaian/
evaluasi penilaian
Evaluasi pelatihan dilakukan oleh nara sumber/
fasilitator diakhir pemberian pelathan atau pratek. Penilaian/ evaluasi di
padukan dan dipantau oleh penyelenggara. Evaluasi menyeluruh setelah peserta
pelatihan mengikuti pelatihan. Aspek yang di evaluasi meliputi :
a.
Evaluasikognitif
b.
Evaluasi
efektif
c.
Psikomotorik.
8.
Pertemuan
pertama
Pada hari pertama
pelatihan di meja sertipikat sudah tersedia segala sesuatu di butuhkan selama
kegiatan pelatihan. Setiap peserta yang datang mengisi daftar hadir dan
mendapat bahan bahan yang diperlukan selama pelatihan seperti jadual,bahan
bahan pelatihan, makalah,dan lain-lain.
C.
Mekanisme
pengendalian
1.
Pengendalian
belajar
Berhasil tidaknya pelatihan sangat bergantung
pada pelaksaan pelatihan di lapangan.
2.
Pengendalian
biaya
Apabila program pelatiahn harus efektif
biaya, maka biaya tahap pelaksanaannya harus di kendalikan. Perancang rogram
harus memberian uraian anggaran perminggu, dan pelaksanaanpelatihan harus
memeriksa catatan pengeluaran biaya yang sebenarnya dibandingkan dengan alokasi
biaya yang dirancang sementara program tersebut berlangsung.
D.
Penanggung
jawab pelaksanaan pelatihan
Rencana kegiatan program pelatihan dapat
dirancang melalui bidang perencanaan, tetapi bukan berarti mereka pula yang
harus melaksanakannya. Pelaksanaan pelatihan biasanya di tangani oleh struktur
yang dibentuk melalui panitia pelaksanaan pelatihan yang dipilih dari orang
orang yang sudah bisa mengelolah kegiatan pelatihan.
DAFTAR PUSTAKA
Sulia Ningsih.2013.Diktat
Manajemen Sitem Kepelatihan Baturaja: UNBARA
Kamil, Mustopa,
Model Pendidikan dan Kepelatihan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar